Wisata Bahari Murah Tapi Tidak Murahan di Pantai Menganti Kebumen

Kota Kebumen yang terletak di Jawa Tengah rupanya mempunyai obyek wisata bahari yang identik dengan pantai yang ada di luar negeri, yakni Pantai Menganti. Kemungkingan besar belum banyak kalangan yang kenal pantai ini. Sebagian besar orang cuma kenal sejumlah pantai terkenal di Kebumen semacam Pantai Ayah, Pantai Karangbolong. Jika kalian punya rencana tuk liburan, tidak … Continue reading “Wisata Bahari Murah Tapi Tidak Murahan di Pantai Menganti Kebumen”

Kota Kebumen yang terletak di Jawa Tengah rupanya mempunyai obyek wisata bahari yang identik dengan pantai yang ada di luar negeri, yakni Pantai Menganti. Kemungkingan besar belum banyak kalangan yang kenal pantai ini. Sebagian besar orang cuma kenal sejumlah pantai terkenal di Kebumen semacam Pantai Ayah, Pantai Karangbolong.

Jika kalian punya rencana tuk liburan, tidak ada salahnya kalian jalan-jalan ke Menganti lalu kalian akan takjub dengan keeksotisannya yang fantastis. Nama Menganti punya cerita tersendiri. Konon, di zaman dulu ada satu panglima perang tempat tinggal di Kerajaan Majapahit yang kabur ke pantai selatan sebab sang raja tak menyetujui hubungannya pada sagn pujaan hati. Dua insan yang sedang dilanda cinta itu pun berjanji tuk berkumpul di tepi samudera.

Sang panglima pula kian menanti pujaan hati di puncak bukit kapur sembari melihat lautan lepas. Tapi, si pujaan hati pun tidak kunjung datang. Walau begitu, panglima itu terus-terusan menanti kehadirannya. Mengingat itulah pantai yang langsung berbatasan dari samudera Hindia itu dinamakan “Menganti” yang maknanya “menanti”.

Tuk bisa pergi ke Pantai Menganti, kalian wajib menjalankan perjalanan dengan mobil sewaktu hampir 2 jam. Jalanannya sungguh kecil dan berbelok-belok tapi telah beraspal bagus. Selama perjalanan kalian akan disajikan pemandangan bukit hijau yang cantik sehingga dapat menghilangkan kepenatan kalian.

Saat sampai di kawasan, kalian akan disambut pada bentangan pasir putih serta lautan biru begitu indah. Di tepi pantai pun ada pohon kelapa melambai-lambai yang makin mempersejuk suasana. Justru, pantai itu dikatakan mempunyai panorama yang sudah mau mirip dengan bahari yang berada di New Zealand.

Hmm pastinya menarik sekali kan, kalian tak perlu jauh-jauh dan buang-buang banyak anggaran tuk menikmati keadaan alam seperti di New Zealand sebab di negeri Indonesia pun kalian sudah bisa memperolehnya. Kalian bisa jalan-jalan tuk menikmati panorama di sekeliling pantai dari penghujung timur menuju barat.

Jika kalian memandang ke bagian timur, disana ada satu bukit yang boleh kalian naiki. Di atas bukit, kalian akan melihat suatu mercusuar tua warisan Belanda dengan tinggi 20 m yang dibangun dari era 1912-1915. Kalian mampu naik mercusuar itu tuk bisa melihat pemandangan semua area bahari, bebukitan karang, dan warna biru indah dari laut. Pantai itu juga jadi lokasi berlabuh perahu-perahu penangkap ikan setelah mencari ikan. Kalian pun boleh beli ikan fresh langsung dari para nelayan-nelayan itu. Wisata kuliner di sekeliling pantai pun sayang tuk dilewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.